Info Menarik

Apakah Kita Seorang Dementor?

Posted on: 10 November 2008

Untuk para penggemar serial Harry Potter pasti tahu tentang Dementor. Digambarkan oleh tokoh Lupin bahwa Dementor adalah:

“Dementors are among the foulest creatures that walk this earth. They infest the darkest, filthiest places, they glory in decay and despair, they drain peace, hope, and happiness out of the air around them… Get too near a Dementor and every good feeling, every happy memory will be sucked out of you. If it can, the Dementor will feed on you long enough to reduce you to something like itself…soul-less and evil. You will be left with nothing but the worst experiences of your life.” [harry potter]

Atau dengan kata lain, Dementor punya kemampuan menyedot semangat hidup manusia sampai bisa jadi putus asa.

Belakangan ini, ternyata Dementor bukan cuma ada dalam fiksi. Repotnya, Dementor di dunia nyata lebih sulit dikenali. Jika di cerita Harry Potter, Dementor muncul dalam sosok yang mengerikan, berkulit kelabu dengan jari-jari kurus seperti kerangka, di dunia nyata mereka tampil seperti orang biasa. Mereka bisa aja duduk di sebelah Anda di kantin, berdiri di belakang Anda waktu mengantri tiket, atau yang lebih mengerikan lagi: duduk di balik pintu bertuliskan “BOS”.

Persis seperti dalam cerita Harry Potter, berdekatan dengan para Dementor bisa membuat Anda tiba-tiba merasa suram, putus asa, hidup tidak berguna, negara serasa mau bangkrut, kiamat seakan minggu depan, kerja seperti tidak ada gunanya, dan seterusnya. Pada stadium lanjutan, infeksi Dementor bisa mengakibatkan timbulnya rasa curiga jika orang lain berhasil, iri jika melihat orang lain senang, bahkan terasa dorongan ingin menghancurkan kesuksesan orang. Dengan kata lain, Dementor itu menular, dan dampak penularannya sangat merugikan. Hati-hati!

Mengapa kita sebaiknya jangan sampai tertular jadi Dementor?

Karena tidak ada orang yang senang mendengar keluhan, termasuk diri kita sendiri. Semakin banyak Anda mengeluh, semakin Anda membenci diri Anda sendiri. Semakin Anda benci pada diri sendiri, Anda semakin yakin bahwa diri Anda tidak berguna. Semakin Anda yakin diri Anda tidak berguna, semakin tertutup jalan untuk hidup lebih baik.

Kenali Dementor sejak dini

Penampilan boleh menipu, tapi Dementor sejati tidak pernah bisa menyembunyikan sifat aslinya. Ciri-ciri yang paling gampang dikenali adalah:

  • Frekuensi curhat yang sangat tinggi, dengan topik masalah pribadi yang seolah penting banget untuk diketahui semua orang, dan tidak ada solusinya.

    Yang paling mengganggu dari kebiasaan Dementor yang satu ini adalah, mereka bisa membuat sebuah acara kumpul bersama yang tadinya ‘seru’ dan ‘ceria’ jadi tidak menyenangkan dengan curhatan-curhatannya.
    Contoh:
    “Eh si X baru beli HP lho!” kata seseorang
    “Oh ya, apa merknya?” sambut yang lain antusias
    “Sony Ericsson, jika tidak salah”
    “SE?! Wah siap-siap aja tuh, kan batrenya cepet bocor. Nih gue pake SE baru sebentar udah rese gini batrenya… blablabla… mana harga jualnya cepet jatuh… blablabla… mau beli lagi tidak ada duit… blablabla… apa-apa sekarang mahal… blablabla… gaji tidak naik-naik…”
    Sehingga begitu si Dementor angkat bicara, semua yang hadir tiba-tiba merasa suntuk, lesu, tidak bergairah.

  • Dementor selalu mampu melihat sisi jelek dari segala sesuatu, tidak peduli sebagus apapun keadaannya.

    Jika mau dibilang sebagai ‘bakat’, memang kemampuan Dementor yang satu ini tidak dimiliki kebanyakan orang. Saat semua orang terkagum-kagum atas kehebatan sesuatu, para Dementor dengan kejelian yang luar biasa selalu mampu menemukan celanya.
    Contoh:
    “Gue kemarin ketemu sama suaminya Ibu X. Ya ampun, orangnya ganteng sekali ya… udah gitu keliatannya baik, lagi.”
    “Iya, gue juga pernah ketemu. Dia juga setia, lho…”
    “Jangan lupa, pinter pulak. Jika tidak salah dia lulusan terbaik waktu kuliah dulu.”
    “Pantesan karirnya juga bagus, ya. Sekarang posisinya udah lumayan tinggi, khan?”
    “Iya sih tapi gua denger …jika tidur ngorok nya kaya babi,” kata sang Dementor merusak suasana.

  • Dementor senang membandingkan diri dengan lawan bicara, sedemikian rupa sehingga dirinya terdengar jauh lebih apes, dan akhirnya lawan bicara menjadi sungkan.

    Contoh:
    “Hai, gue denger abis pindah rumah ya?”
    “Iya nih, biasa… pinjeman dari kantor…”
    “Ih enak ya, kantornya ngasih pinjemen rumah.. gue dong masih ngontrak mulu…”
    “Oh…”
    “Mana gaji tidak naik-naik, untuk bayar kontrakan aja udah ngepas, gimana mau nabung untuk beli rumah?”
    “Ehm… tapi…”
    “Udah mana sekarang BBM naik, apa-apa ikut naik, makin cekak aja deh rasanya… jika elu kan enak, gaji gede, fasilitas banyak…”
    “Eh… permisi dulu ya, mau gantung diri dulu bentar boleh?”

  • Dementor gemar mematikan semangat orang lain.

    Seperti pasukan pemadam kebakaran ngeliat api, semakin besar apinya, semakin giat upayanya untuk memadamkan.
    Contoh:
    “Gue mau coba bisnis baru nih!”
    “Bisnis apa?”
    “Jualan baju anak-anak”
    “Yahhh… hari gene jualan baju! tidak liat tuh, di ITC yang jualan baju udah segambreng?”
    “…tapi koleksi gue unik-unik lho! Lain daripada yang lain deh!”
    “Alaaah… unik kaya apa sih, paling sebentar lagi juga pasaran. Liatin aja!”
    “Euh… gue juga berencana ngikutin perkembangan tren lho…”
    “Emangnya lu kira gampang? Gue pernah tuh, coba jualan baju kayak elu. Awalnya semangat, eh terakhirnya malah rugi. Mana barang dagangan dibawa kabur orang…”

Kiat menghadapi Dementor

Cara paling aman adalah: jangan didekati. Begitu seseorang yang ada di dekat Anda menunjukkan ciri-ciri seorang Dementor, segeralah menjauh. Ingat, Dementor itu sangat menular!

Checklist Dementor

Sedangkan bagi kalian yang selama ini telah menjadi Dementor tapi tidak menyadarinya, coba teliti daftar berikut. jika kalian merasa setuju dengan 5 pernyataan atau lebih, hati-hati, kalian sedang menjelma menjadi Dementor. Segeralah minta pertolongan profesional, sebelum terlambat.

  • Sebagian besar orang lebih beruntung dari saya.
  • Tidak ada orang yang dapat hidup layak dengan gaji sekecil saya.
  • Semakin lama, kondisi perekonomian semakin buruk. Saya tidak tahu bulan depan masih dapat hidup atau tidak.
  • Saya tidak tahu ingin jadi apa.
  • Saya benci dengan perusahaan saya, tapi jika saya resign nanti tidak ada kantor lain yang mau terima.
  • Naik pangkat? Jangan ah. Nanti jika gagal bagaimana?
  • Tentu saja dia naik pangkat. Rajin jilat pantat, pasti.
  • Dari dulu memang saya ditakdirkan apes.
  • Saya tidak pandai, karena itu saya tidak dapat sukses seperti orang lain.
  • Orang tua saya asal-asalan menyekolahkan saya, sehingga saya menjadi seperti begini sekarang.
  • Saya tidak dapat membayangkan bagaimana caranya agar dapat hidup lebih baik.
  • Orang-orang memang mudah memberi nasihat karena mereka belum merasakan susahnya hidup saya.
  • Percuma saya kerja keras, karena tiap bulan gajinya cuma segitu-segitu saja.
  • Orang lain enak punya uang untuk refreshing. Saya boro-boro refreshing, makan aja susah. Karena itu harap maklum jika saya stres.
  • Saya sudah terlalu tua untuk mencoba hal baru.
  • Mengapa tidak ada orang yang mengerti saya?
  • Orang lain enak, punya orang tua kaya untuk tempat meminjam uang jika butuh. Giliran saya, yang ada ibu saya minta uang terus ke saya untuk membeli beras.
  • Jika ada orang baik sama saya, pasti ada maunya
  • Bos memuji saya? Pasti dia salah orang.
  • “7 Habits”-nya Steven Covey? Itu untuk orang Amerika, mana bisa berlaku di sini?
  • Luna Maya aja masih jomblo, apalagi saya yang jelek begini
  • Memang dunia makin parah. Kucing saja makin hari makin kurang ajar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kumpulan Info Menarik di Facebook

Info Menarik di FacebookJadi fans kumpulan info menarik di Facebook

Anda pun dapat berlangganan informasi menarik secara gratis yang dikirim via e-mail. Untuk berlangganan info menarik terbaru, silahkan klik link di bawah ini:
» Berlangganan Gratis Info Menarik via E-mail
Berlangganan Info Menarik Secara Gratis

RSS Kumpulan Info – Kesehatan, Kuliner, Wisata, Kecantikan, Fashion, Griya, Keluarga, Teknologi

  • Cat Ulang Dinding Rumah Anda 12 Maret 2014
    Ingin mengganti suasana rumah? Salah satu caranya adalah dengan melakukan cat ulang dinding rumah. Langkah untuk mencat ulang tidak sekedar langsung memoles cat pada dinding rumah. Ada beberapa langkah agar cat menempel dengan baik dan menghasilkan tampilan yang sempurna. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut: Cat Ulang Dinding Rumah Anda.
  • Mengatasi Kejang Demam 26 Februari 2014
    Pada saat anak sakit, pikiran kuatir menjadi hal yang akan dialami oleh orang tua. Apalagi jika suhu anak meninggi dan demam, terlebih jika demam disertai dengan kejang-kejang. Demam kejang biasa terjadi pada sebagian anak. Sekitar 5% anak dari usia 6 bulan sampai 6 tahun mengalami hal ini, terutama jika orangtua memiliki riwayat kejang demam serupa sewaktu […]
  • Atasi Kerugian Bekerja di Rumah 14 Februari 2014
    Bekerja di rumah. Mengapa tidak? Banyak waktu yang dapat dihemat dengan bekerja di rumah. Keluhan "tua di jalan" sering didengar karena harus mengalami berjam-jam berada di jalan akibat macet. Dalam kondisi normal, rata-rata sebanyak 3-4 jam sehari dihabiskan di jalan untuk menuju ke kantor atau pulang dari kantor. Belum lagi kalau ada banjir, demo […]
  • Cegah Keriput Sekarang Juga 5 Februari 2014
    Penuaan tidak dapat dihindari seiring berjalannya waktu. Salah satu efek dari penuaan adalah kerutan pada wajah. Kerutan pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri karena penampilan yang tidak menarik. Kerutan mungkin tidak bisa dihindari sama sekali, tetapi mencegah agar tidak timbul kerutan dini wajib dilakukan. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel […]
  • Cara Memandikan Bayi 24 Januari 2014
    Bagi ibu baru, memandikan bayi merupakan tantangan tersendiri. Kepala bayi yang belum tegak, tubuh bayi yang mungil, serta belum adanya pengalaman merupakan kendala-kendala yang biasa dihadapi. Jangan menyerah atau ragu, karena memandikan bayi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan bayi. Prosedur yang benar dan apa saja yang diperlukan untuk memandikan […]
  • Wisata Edukasi Godong Ijo, Liburan Keluarga Mendidik dan Menyenangkan 10 Januari 2014
    Ingin berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga dengan cara yang asyik dan mendidik? Anda harus datang ke tempat wisata yang satu ini, "Wisata Edukasi Godong Ijo" yang terletak di Jalan Raya Cinangka No. 60 Km.10, Desa Serua, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut: Wisata Edukasi Godong Ijo, Liburan Keluar […]
  • Membuat Ruang Kerja di Rumah 8 Januari 2014
    Bekerja tanpa harus mengalami macet atau tidak perlu pergi pagi dan pulang malam adalah impian dari para pekerja. Hal ini bisa direalisasikan dengan membuat tempat bekerja di rumah. Hal pertama untuk mendukung Anda bekerja secara maksimal di rumah adalah dengan membuat desain ruang kerja secara tepat. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut: Membua […]
  • Jajanan Khas Bandung yang Nikmat 2 Januari 2014
    Selain memiliki pemandangan dan udara yang yang masih sejuk, kota Bandung menjadi tujuan wisata karena memiliki keanekaragaman kuliner yang menarik untuk dicoba. Salah satu kuliner yang layak dicoba di kota kembang ini adalah jenis makanan ringan khas yang terkenal dari kota ini. Yuk, intip jajanan terkenal yang merupakan ciri khas dari wisata kuliner di kot […]
  • Mandi Air Panas di Ciater 1 Januari 2014
    Ciater sudah terkenal sejak lama sebagai tempat pemandian air panas alami. Terletak dekat dengan kota Bandung, tepatnya di dataran tinggi Kabupaten Subang, Jawa Barat. Terletak tidak jauh dari Tangkuban Perahu, lokasi wisata yang disebut Sari Ater ini menyediakan berbagai fasilitas menarik ini layak untuk dikunjungi bersama keluarga. Selengkapnya dapat Anda […]
  • Candi Prambanan 13 Desember 2013
    Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara berdiri megah di Jawa Tengah, tidak jauh dari Yogyakarta. Letak Candi Prambanan juga tidak terlalu jauh dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar dan paling terkenal di dunia. Seperti Borobudur, Candi Prambanan juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Selengkapnya dapa […]
  • Cara Memilih dan Merawat Pisau 9 Desember 2013
    Salah satu alat masak yang pasti ada di dapur rumah Anda dan paling sering dipakai adalah pisau. Pemilihan pisau yang tepat akan membantu proses pemotongan makanan menjadi sempurna. Selain itu, diperlukan perawatan yang tepat agar pisau tetap awet dan tidak rusak. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut: Cara Memilih dan Merawat Pisau.
  • Wisata Menarik di Yogyakarta 6 Desember 2013
    Yogyakarta telah lama dikenal sebagai kota pelajar. Yogyakarta merupakan kota yang masih terasa kental kebudayaannya. Jika Anda senang dengan wisata budaya, mengunjungi Yogyakarta merupakan pilihan tepat karena ada berbagai situs kebudayaan yang menarik untuk didatangi. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel berikut: Wisata Menarik di Yogyakarta.

Laman

Blog Stats

  • 16,812 hits
%d blogger menyukai ini: